Pages

12 Mei 2012

Bagaimana Konsumsi Makan Tepat untuk Mendapatkan Tidur yang Nyenyak?


Berita melukiskan gambaran suram dari kebiasaan tidur orang korea,bahkan anak-anak sekolah di korea tidur tidak lebih dari 6 jam, ditengah persaingan yang semakin ketat.Tapi tidur malam yang cukup merupakan penjamin penting baik untuk kesehatan dan umur yang panjang,bahkan tidak sulit untuk mencapainya.

Berikut ini adalah tips bagaimana makan yang benar dapat membantu anda tidur yang nyenyak dan bangun dengan tubuh yang segar dan siap menjalani tantangan hari.

  • Makanan yang Dianjurkan
          Vitamin dan Mineral seperti kalsium,magnesium,besi dan Tryptophan membantu memperkuat imunitas tubuh dan membantu anda untuk tetap tenang sambil mengurangi stress dan mempromosikan tidur nyenyak.kalsium membantu tubuh menghasilkan hormon melatonin yang menginduksi tidur.Buah dan sayuran membantu pencernaan,protein dari ayam,ikan atau kacang-kacangan membuat anda akan merasa lapar di tengah malam.

Tetapi hal baik bahkan dapat menyebabkan bahaya berlebih.Makan berlebihan menyebabkan masalah pencernaan,yang meningkatkan kemungkinan bangun di tengah malam.Disisi lain,tidur dengan perut kosong merangsang produksi hormon stress.Yang terpenting adalah tidak makan secara berlebihan.

  • Makanan yang Dihindari
Makanan manis adalah ide buruk sebelum tidur.Gula memberikan ledakan energi yang mendadak,akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan energi dalam tingkat gula darah,merangsang sekresi insulin dan mengganggu ritme tubuh saat anda tidur.

makan yang mengandung zat tepung seperti jagung atau kentang juga harus dihindari,karena tubuh menghancurkan zat tepung menjadi gula.Minum alkohol dapat membuat terbangun saat tidur dan membuatnya mendengkur.

Kafein sebelum tidur juga membahayakan karena Kafein adalah stimulan yang kuat yang tetap dalam tubuh sampai 12-24 jam.efeknya bervariasi pada setiap orang tapi akan menyebabkan bangun lebih sering dan susah tidur.


source: english.chosun.