Pages

13 Juni 2012

Resep hoddeok /korean pancake


 


ibu-ibu bapak-bapak....masak yukkkkk....sambil memegang kipas dan menggerakkannya.kalian tahu siapa?siapa lagi kalau bukan Chef Harada yang kocak abis....kadang suka ketawa aja liat penampilannya,bener-bener gokil tuh chef.. Eit dari pada ngomongin Chef harada,mending ngomongin kue khas korea yuk.Buat para reader yang seneng bikin kue admin punya resep kue Hoddeok alias pancakenya orang korea,diambil dari maangchi.ya sudahlah nggak usah banyak ba bi bu...cek aja ya sobat....aku juga pengen nyobain nih...yuk mari...

Bahan:

Tepung, air,
ragi kering,
garam,
minyak sayur,
gula putih,
gula merah,
kenari,
dan bubuk kayu manis.



Membuat adonan hoddeok:

Tempatkan 1 cangkir air hangat ke dalam mangkuk atau baskom.
Tambahkan 2 sdm gula putih, 2 sdt ragi, ½ sdt garam, 1 sdm minyak sayur, dan aduk dengan baik.



Tambahkan 2 cangkir tepung terigu dan aduk dengan sendok nasi, atau dengan tangan.




Biarkan adonan mengembang selama 1 jam jangan lupa menutup permukaannya rapat dengan plastik
Setelah satu jam adonan akan mengembang dua kali lipat ukurannya. Uleni untuk menghapus gelembung gas dalam adonan.







Biarkan mengembang selama 10-20 menit.


Membuat isian (untuk8 hoddeok):

Campur ½ cangkir gula merah, 1 ts bubuk kayu manis, dan 2 sdm kenari cincang dalam mangkuk.
* Tip: Anda bisa menggunakan keju mozzarella untuk isian.ciptakan isian sendiri dengan bahan favorit Anda!

mari membuat hoddeok!





Uleni adonan lagi untuk menghilangkan gelembung gas.
Taburkan tepung ½ cangkir pada talenan Anda agar tak lengket
Masukan adonan di atas talenan dan uleni. Membuatnya menjadi besar, dan bagi menjadi 8 buah sama besar sepeti bola.











Ambil 1 buah adonan, ratakan itu, taruh beberapa isian di tengah adonan, dan kemudian tutup adonan.





Ulangi pada semua adonan

* Tip:
Gunakan tepung terigu dari talenan untuk mencegah adonana menempel pada jari-jari Anda
Panaskan panci  Anda di atas api sedang dan tambahkan sedikit minyak sayur.
Tempatkan 1 buah hoddeok di teflon dan biarkan masak selama 30 detik.
Bila bagian bawah hoddeok berwarna cokelat keemasan, balik dan tekan adonan dengan spatula untuk membuat sebuah lingkaran tipis dan lebar (seukuran CD).







Biarkan masak sekitar 1 menit sampai bagian bawah berwarna cokelat keemasan.
Balikkan lagi dengan suhu panas sangat rendah.






sajikan hangat. wah lazziz banget nih....


source: www.maangchi.com