Pages

11 Juni 2012

Resep Kue Manju dari Korea

Yup....saatnya share lagi resep masakan, cium masakan tetangga yang wanginya bikin pengen buka magic com lagi.Tapi buat kali ini aku mau share resep dessert korea kapan2 juga mau share resep ongol2.tau ongol2?kalau nggak tahu simpan saja ya penasarannya sampe aku nulis tentang resep ongol2.

Oya kali ini aku pengen nulis resep Kue Manju.Gara2nya ada drama Baker kim Tak Goo jadi ngiler aja.maklum dulu mau masuk boga malah disuruh masuk akuntansi.capek deeh...ini bentuk kue manju.Ajib ye...kayak bakpia pasti rasanya hauce cing ping ping

maangchi.com

Resep Kue Manju

Bahan (untuk 8 manju):

1 mangkuk kacang lima, 
½ mangkuk gula, 
½ ts garam, 
¾ mangkuk tepung dan ½ mangkuk tepung ekstra,
 2 butir telur, 
¼ mangkuk biji wijen, 
¼ mangkuk susu kental manis, 
2 ts ekstrak vanili.

Membuat isian roti:

1.rendam 1 mangkuk kacang lima dalam air dingin semalam (sekitar 10-12 jam).

 

2.lepaskan kulit kacang terluar dengan jari.
3.tempatkan kacang dalam panci dengan1 ¼ cangkir air dan didihkan dengan api besar sedang selama 10 menit.
4.Kecilkan api dan didihkan  sekitar 35-50 menit sampai kacang lunak dan mengembang.
5.Haluskan kacang dengan sendok kayu dan akan terlihat seperti mash potatoes
6.Tambahkan ½ mangkuk gula, garam ¼ sdt, dan  ekstra vanili 1 sdt dan aduk terus selama sekitar 1-2 menit dengan sendok kayu untuk mengentalkan isian. Aduk terus sehingga isian tidak menempel pada bagian bawah panci.

 

7.matikan api dan dinginkan.

membuat adonan Roti:

1.Tambahkan ¾ cangkir tepung, 1 butir telur, ¼ sdt garam, ¼ cangkir susu kental manis, dan 1 sdt ekstrak vanili  ke mangkuk.

2.campur menggunakan sendok kayu hingga halus.




membuat manju porsi 8 buah:

1.bagi isian menjadi 8 seperti bola



2.ratakan adonan roti dengan menekan kebawah dengan tangan.
3.tempatkan isian pada adonan.
4.Tutup adonan seperti bentuk telur
5.celupkan manju berbentuk telur itu ke dalam air tapi bagian atasnya lo,lalu gulingkan di biji wijen.
6.oleskan kuning telur pada bagian atas biji wijen agar roti berwarna coklat jika sudah di oven.
7.ulangi pada semua kue ,lalu tempatkan manju pada cookie pan dan jangan lupa untuk melapisi bagian bawah manju dengan kertas roti
8.Panggang dalam oven pada 350 ° F dibagian tengah selama sekitar 20 menit.

Hhm....jadi ini kue manju korea.


kalo di buka jadi seperti ini.


cocok dihidangkan sebagai makanan penutup atau camilan.selamat mencoba ya Ladies.....oya maaf ya kalo kalimat diatas jelek banget  ini translate ku sendiri.kalo lebih jelas lagi klik sumber dibawah ini


source : www.maangchi.com